Sunday 24 January 2010

Beberapa Istilah Dalam Dunia IT

 Terkadang Dalam Dunia IT Terdapat Beberapa istilah Yg Mungkin Kita Tidak Mengerti,Saya Akan Share Beberapa Istilah Dalam Dunia IT,Hanya beberapa..Mungkin bila ada Tambahan Dari anda Bisa Di Tambahin Dalam Komentar_hehe..


Daftar Istilah IT

Algoritma
Seperangkat proses atau peraturan yang didefinisikan dengan baik untuk solusi masalah dalam jumlah langkah yang terbatas.

Antivirus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Bandwith
1)Jangkauan frekuensi saluran telekomunikasi yang menentukan tingkat transmisi maksimum. Kecepatan dan kapasitas tingkat transmisi biasanya diukur dengan byte perdetik (bit per second-bps)
2)Menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per second (cps)

Basisdata (Database)
Sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Basisdata tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah basisdata. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record.

Business-to-business (B2B)
Bisnis yang menjual kepada bisnis lain.

Business-to-consumer (B2C)
Penjualan bisnis online untuk konsumen individu.

Cracker
Adalah hacker yang berubah jahat, yang mencampuri urusan orang lain, yang senang mencuri informasi penting.

Data
Data-data atau observasi mengenai fenomena fisik atau transaksi bisnis. Lebih khusus lagi, data adalah ukuran objektif karakteristik entitas seperti orang-orang, tempat, benda, atau kejadian.

Discussion Forum (Forum Diskusi)
Platform diskusi jaringan online untuk mendorong dan mengelola diskusi teks online selama periode waktu tertentu antaranggota kelompok minat khusus atau tim proyek.

Download
Men-download berarti menerima informasi, biasanya file, dari computer lain melalui modem. Missal, Anda hendak online dan mendapatkan program shareware yang bagus, seperti font, game, atau mungkin utilitas. Atau, ada orang yang mengirimkan surat cinta yang panjang kepada Anda dalam file terpisah. Bila Anda ingin menyalin item tersebut, Anda harus men-downloadnya ari computer online service atau bulletin board tersebut ke computer Anda sendiri. Anda tinggal memilih file dan klik tombol download.

E-Business
(bisnis elektronis) adalah bisnis yang segala aktivitasnya dilaksanakan di atas infrastruktur system informasi, khususnya internet. Mulai dari pemasaran, order, penagihan dan tracking pengiriman barang, semuanya dilaksanakan secara online.

E-Commerce
Kepanjangan electronic commerce, istilah yang dipakai untuk menyebutkan bisnis yang dijalankan secara online atau sebagai sarana berbisnis menggunakan jaringan computer.

File 
Kumpulan catatan data yang berhubungan yang dianggap sebagai satu unit. Kadang-kadang disebut satu set data.

Hacker
Adalah penggemar computer, yang sangat tekun mempelajari dan memprogram computer.

Hacking
Adalah aktivitas yang dilakukan oleh Hacker.

Information (Informasi)
Adalah data yang ditempatkan dalam konteks yang berarti dan berguna untuk pemakai akhir.

Information System (Sistem Informasi)
1)Rangkaian orang, prosedur, dan sumber data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.
2)Sebuah system yang menerima sember daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya.

Internet
Adalah jaringan computer yang tumbuh cepat dan terdiri dari jutaan jaringan perusahaan, pendidikan, serta pemerintah yang menghubungkan ratusan juta computer serta pemakainya lebih dari 200 negara.

M-commerce
Akses yang disediakan ke seseorang, kapan saja, dimana pun, menggunakan perangkat tanpa kabel.

No comments:

Post a Comment