Sunday 24 January 2010

Sedikit Tentang IPCOP Dan Cara Instalasinya...

IPCop Linux adalah distribusi Linux yang lengkapi dengan fungsi khusus untuk pengamanan jaringan, IPCop sendiri adalah sebuah Stateful firewall dibangun diatas framework Linux netfilter. Mulanya merupakan fork dari SmoothWall Linux firewall yang dikembangkan sebagai proyek terbuka secara terpisah dibawah lisensi bebas GPL, didukung banyak pengembang diseluruh dunia dan menyediakan edisi untuk lebih dari 17 bahasa.IPCop menyertakan mekanisme yang simpel untuk mengelola dan menginstalasi security updates kapan saja bila dibutuhkan pengguna.



Tersedia banyak komponen tambahan (addons), walaupun ia tidak terkait secara resmi dengan proyek IPcop, yang dapat menambahkan fungsionalitas dan kemampuan IPCop seperti: advanced QoS, email virus checking, traffic summary, extended interfaces for controlling the proxy, dan lainnya.

IPCop dapat digunakan seperti distribusi Linux lainnya bagi mereka yang serius ingin menjaga keamanan komputer dan jaringannya dengan penerapan teknologi yang ada bersama teknologi baru yang beorientasi pada 'secure programming', Tim IPCop Linux senantiasa siaga dan fokus mengembangkan software untuk meningkatkan sekuriti agar: "The Bad Packets Stop Here!".

Berikut langkah Setup IP COP untuk GREEN + RED dengan 2 (dua) Ethernet:

- lakukan boot CD-ROM
- setelah booting maka akan tampil halaman IPCop. Licenced tekan saja Next.
- Kemudian pada pemilihan bahasa pilih English kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan.
- Akan tampil screen selamat datang ipcop, kemudian pilih tombol OK.
- Akan muncul jendela Select installation media, Pada bagian ini kita memilih installasi media, pilih saja CDROM, kemudian pilih tombol OK
- Pada selanjutnya ipcop akan membagi partisi hardisk, pilih tombol OK.
- Pada selanjutnya , kita ditanyakan apa ingin merestor, jika tidak ingin, pilih Skip untuk memilih gunakan tombol Spasi, kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan.
- Pada bagian halaman configure networking pilih probe.
- Halaman selanjutnya deteksi lancard, Jika landcard yang kita pasang terdeteksi oleh ipcop akan tampil informasi NIC/lancard yang kita gunakan.
- Pada bagian green interface adalah pengaturan ip address utuk local, isikan IP address dan Network Mask nya, (contohnya) IP address : 192.168.1.1 Network Mask : 255.255.255.0
- Installasi selesai, akan tampil halaman congratulations.
- Pada halaman berikutnya akan menanyakan settingan keyboard anda, pilih saja US lalu tekan tombol OK.
- Pada halaman berikutnya atur timezone, pilih saja Asia/Jakarta, kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan.
- Pada halaman berikutnya berikan nama hostname sesuai kebutuhan, kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan.
- Pada halaman berikutnya berikan nama Domain sesuai kebutuhan, kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan.
- Pada halaman berikutnya, ISDN Configuration menu pilih Disable ISDN.
- Pada halaman berikutnya, Network configuration menu, kita akan mengatur IP Address, DNS, dan Gateway, pilih Network configuration type pilih tombol OK kemudian pilih Green + Red , kemudian tekan tombol OK untuk kembali ke menu Network configuration.
- Pada Menu Network configuration, sekarang pilih baris ke 2 yaitu Driver and card assignments, kemudian pilih tombol OK untuk kembali ke menu Network configuration.
- Pada Menu Network configuration, sekarang pilih baris ke 3 yaitu Address Setting kemudian pilih RED lalu tekan tombol OK, kemudian pilih (*) Static kemudian isi IP address dan Network Mask yang diberikan oleh ISP anda, kemudain tekan tombol OK untuk kembali ke menu Network configuration.
- Pada Menu Network configuration, sekarang pilih baris ke 4 yaitu DNS and Gateway Setting , isikan pada Primary DNS, Secondary DNS dan Default Gateway yang diberikan oleh ISP anda, tekan tombol OK untuk kembali ke menu Network configuration.
- Pada Menu Network configuration, sekarang pilih baris terakhir yaitu DHCP Server Configuration, pilih saja disable kemudian pilih OK.
- Langkah terakhir pilih tombol Done.
- Pada halaman berikutnya, anda diminta mengisi root password, seperti biasa isi 2 kali, kemudian tekan tombol OK.
- Pada halaman berikutnya, anda diminta mengisi admin password, seperti biasa isi 2 kali, kemudian tekan tombol OK.
- Pada halaman berikutnya, anda diminta mengisi backup password, seperti biasa isi 2 kali, kemudian tekan tombol OK.
- Pada halaman berikutnya, akan terlihat info Setup is Complete, berarti anda sudah selesai menginstall IPCop, selanjutnya tekan tombol oke untuk merestart computer.
- Setelah computer anda restart, anda diminta untuk memasukan login untuk masuk ke system IPcop tadi.
- Untuk mengakses IPCOP dari web browser , Ketikkan alamat berikut pada web browser anda http://192.168.1.1:81 (sesuai dengan IP Address yang telah kita tentukan saat installasi) maka akan tampil halaman IPCOP.

Silahkan anda buat peraturan sesuka anda "on your own network" tentunya...!!

Buat Yg Mau Download IPCOP KLik Disini

No comments:

Post a Comment