Sunday 24 January 2010

Strategi Membangun Data Center Corporate...

Saat ini telah tersedia berbagai tawaran & alternatif sambungan telekomunikasi & Internet bagi perusahaan, mulai dari sambungan data, MPLS, Leased Line, VoIP, broadband, Wi-Fi hingga integrasi mobile communication ke PABX, Corporate User Group, push mail,  SMS bulk dan lain sebagainya. Solusi yang diberikan oleh provider telekomunikasi lebih banyak pada tingkat akses jaringan, tapi tidak terlalu banyak menyentuh tingkat di atasnya terutama information management, content management dan management pengetahuan. Tulisan ini akan lebih memfokuskan pada berbagai alternatif yang dapat kita kembangkan pada tingkat yang lebih tinggi daripada tingkat akses khususnya manajemen informasi, content dan pengetahuan yang secara fisik dapat di bangun pada Data Center di sebuah perusahaan.

Situs favorite saya untuk memperoleh tool/software aplikasi yang dibutuhkan untuk membangun Content Management System (CMS) adalah situs Open Source CMS http://www.opensourcecms.com. Beberapa ciri khas menarik dari situs Open Source CMS adalah software/tool yang ditawarkan semua open source sehingga dapat di-download gratis, termasuk source code-nya. Aplikasi ini rata-rata dalam Operation System (OS) Linux & Windows, dan tentunya lebih sukar untuk di operasikan di Windows. Situs Open Source CMS juga memungkinkan kita untuk mencoba demo masing-masing software CMS secara live / online. Jadi kita dapat mengevaluasi terlebih dahulu apakah tool/aplikasi tersebut cocok dengan yang kita butuhkan atau tidak, sehingga kit adapt terhindar dari kesalahan dalam mengambil/mendownload.
Oleh karena sifatnya yang open source, kebanyakan CMS ini berbasis web dan dibangun dengan menggunakan PHP, oleh karenanya sangatlah penting untuk menginstall terlebih dalhulu Web Server sebelum mencobanya.
Secara umum aplikasi dari CMS dapat dibagi dalam beberapa kategori, yaitu, Portal, Blogs, e-commerce, Groupware, Forum, e-learning, Image gallery, Wiki, Lite, & Knowledge management. Fokus dari masing-masing kategori adalah sebagai berikut,
  • Portal
    Tool ini memudahkan kita untuk mengelola berita, artikel, tulisan, mengumpulkan pendapat (polling).
  • Blogs
    Blogs merupakan tool yang cukup populer khususnya untuk diary virtual seseorang. Walaupun tentunya bisa digunakan untuk apa saja, misalnya mengemukakan pendapat, menceritakan pengalaman, mengemukakan sebuah pemikiran, dll. Yang menarik dari blog, memungkinkan untuk saling link atau saling mendukung satu sama lain hingga akhirnya dapat menjadi alternatif sumber informasi di Internet yang sifatnya sangat perorangan & bebas.
  • Groupware
    Groupware  merupakan kumpulan tool yang dapat digunakan untuk kerjasama kelompok, misalnya setup agenda rapat, kalender kelompok dll.
  • Forum
    Forum adalah tool tempat diskusi, dimana kita dapat berdiskusi melalui Web.
  • E-Learning
    E-Learning adalah tool untuk memfasilitasi proses belajar mengajar di sekolah / kampus melalui Web,
  • Image Galleries
    Image Galleries adalah tool album foto di Web.
  • Wikis
    Wiki adalah tool untuk membangun naskah secara kolaboratif, hingga dapat menjadi ensiklopedia di Internet.
Ciri khas software-software ini sama, rata-rata semua berbasis Web sehingga sangat mudah pengelolaannya karena tidak perlu menginstall apapun di sisi pengguna. Semua software dan data tersimpan di server Web, sehingga lebih mudah pengelolaan & maintenance-nya.
Ada banyak aplikasi yang di kembangkan pada masing-masing kategori. Kategori Portals (CMS) merupakan kategori yang mempunyai paling banyak aplikasi open source-nya seperti BitWeaver, CivicSpace, Drupal, Joomla, Mambo, MDPro, PHP-Fusion, PHP-Nuke, Tiki CMS/Groupware, Typo3,  Xaraya. Pada kategori Blog, aplikasi yang ada antara lain adalah b2evolution, bBlog, Simplog, dan WordPress. Untuk kategori Forum diskusi melalui web, aplikasi yang ada antara lain adalah phpBB, Bagi mereka yang ingin membuka toko di Internet, aplikasi dalam kategori e-commerce akan membantu. Beberapa diantaranya adalah osc2nuke, osCommerce, phpShop, dan Zen Cart. Untuk aplikasi Groupware, aplikasi yang ada antara lain adalah ACollab, dotProject, eGroupWare, NetOffice, dan phpGroupWare. Untuk aplikasi e-Learning ada beberapa software yang menarik yaitu ATutor, Dokeos, Interact, Moodle, dan Site@School. Untuk menyimpan foto / Image Galleries ada beberapa aplikasi seperti Coppermine, Gallery. Untuk membangun Ensiklopedia atau di kenal sebagai Wiki, aplikasi yang ada antara lain adalah DokuWiki, ErfurtWiki, MediaWiki, phpWiki, PmWiki, QwikiWiki, UniWakka, WackoWiki, Wikepage, WikkaWiki,  dan WikkiTikkiTavi. Bagi mereka yang menginnginkan CMS yang sederhana, ada beberapa software CMS sederhana seperti AngelineCMS Lite, CuteNews, Etomite, EyeOS, GuppY, Limbo, Pivot, ReloadCMS, SAPID, sNews, dan TML. Beberapa software CMS seperti KnowledgeTree, Owl, phpmychat, SugarCRM, Webcalendar menjadi menarik misalnya untuk membangun perpustakaan atau dokumen manajemen.

No comments:

Post a Comment