Sunday 4 September 2011

Tips Memilih Harddisk External

 Anda ingin tahu tips memilih HD eksternal? Ya anda pasti sudah ga asing mendengar kata HD eksternal yang praktis, ringan, kecil, dan mudah di bawa kemana-mana. Itulah sebabnya kenapa sekarang kebanyakan orang menggunakan hd eksternal. Apa sih yang harus di perhatikan dalam membeli hd eksternal?? Nah langsung aja simak artikel dibawah ini..

Apa yang harus diperhatikaan saat memilih HD eksternal???

Saat ingin membeli HD eksternal pasti anda akan di bingungkan dengan banyak menumukan berbagai macam merek HD eksternal. Masing-masing vendor menjanjikan fasilitas-fasilitas yang berbeda. Namun ada beberapa hal yang relative sama, tampilan fisik hd eksternal kini lebih mungil dengan kapasitas yang semakin besar. HD eksternal ini memiliki 3 ukuran, mulai dari 1,8”, 2,5”, dan 3,5”. anda bisa memilihnya sesuai selera. Sebelum memutuskan untuk membeli HD eksternal, sebaiknya anda menyimak beberapa hal yang perlu di cermati di bawah ini..


  1. Kapasitas
    Kapasitas HD eksternal bermacam-macam mulai dari 40Gb sampai 1Tb. Namun kini juga sudah ada HD berkapasitas 1.5Tb. Jika anda memiliki file-file video dan grafis dalam jumlah dan ukuran yang besar, lebih baik memilih HD dengan kapasitas terbesar yang sesuai dengan budget.
  2. Konektivitas
    Dalam memilih HD eksternal, anda juga harus memperhatikan koneksi USB, apakah port USB di komputer anda masih yang 1.0 atau sudah 2.0. Rata-rata HD eksternal sekarang menggunakan port USB 2.0. Apabila port USB di komputer anda masih 1.0, hal ini akan membuat pembacaan data menjadi sangat lama. Port USB 2.0 adalah standar minimum koneksi HD eksternal, jadi jika masih menggunakan port USB 1.0, sebaiknya dig anti dengan port USB 2.0. Ini akan membuat anda nyaman dalam menggunakan HD eksternal.
  3. Kecepatan putar
    Kecepatan putar piringan HD juga mempengaruhi laju kecepatan data saat memasukkan dan memindahkan data. Kecepatan putar HD dinyatakan dalam satuan RPM(Rotation Per Minute). Pada umunya HD eksternal memiliki kecepatan putar 5400 RPM. Ada lagi yang lebih cepat, dengan kecepatan puter mencapai 7200RPM. anda akan sangat beruntung jika menemukan HD dengan kecepatan puter melibihi 7200RPM.
  4. Besar buffer (cache)
    Besarnya buffer pada HD memwakili jumlah memori yang terdapat di cache. Cache adalah tempat menyimpan dan menangani antrian saat mentransfer data dari sistem. Buffer memiliki kapasitas antara 2Mb samapai 16 Mb. Semakin besar cache, akan semakin besar ruang penyimpanan dan antrian pentransfersan data di HD sehingga pemrosesan data pun kan semakin cepat. Namun semakin besar cache memori, maka akan semakin mahal harga HD eksternal tersebut.
  5. Fitur Recovery
    Jika terdapat fitur backup and recovery pada HD eksternal, maka fitur ini akan sangat berguna di saat file-file anda mengalami kerusakan atau korupsi data ataupun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, anda akan bisa memulihkan data yang hilang atau rusak.
  6. Kemampuan Plug and Play (PnP)
    PnP dapat diartikan tancap langsung pakai. Begitu anda menancapkan kabel USB, HD eksternal langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun. Kemampuan PnP sangat membantu anda , jika anda menggunakan lebih dari satu HD eksternal dalam satu computer sekaligus.
  7. Garansi
    Garansi bisa mencerminkan kualitas produk suatu barang. Pernyataan ini mungkin tidak seratus persen benar, namun kemauan Produsen menjamin produknya bisa berjalan mulus tanpa gangguan selama masa waktu tertentu akan menjamin konsumen tidak lagi merasa was-was untuk membeli. Rata-rata HD eksternal memilki garansi 1 tahun, namun ada juga yang lebih singkat. Walaupun bukan faktor utama, sebaiknya anda mempertimbangkan dukungan garansi dari vendor agar tidak menyesal nantinya.
  8. Dustproof, Waterproof and Shockproof
    HD dirancang untuk menerima getaran hingga 3x kecepatan gravitasi (3G) dalam kondisi diam. Namun ada beberapa vendor yang menjamin HD-nya bisa tahan hingga 5G. Cukup menjamin apabila HD anda sering jatuh atau terbentur. Selain itu, ada vendor yang mengemas HD eksternalnya dengan lapisan karet, dengan kemasan yang unik ini HD eksternal bisa tahap terhadap debu, goncangan, dan air (pastinya dengan keterbatasan tertentu).


Semoga ke delapan tips dalam mimilih HD eksternal di atas dapat membantu anda dalam memilih HD eksteenal yang cocok buat anda. Dan semua keputusan kembali ada di tangan anda sekalian.

Source

No comments:

Post a Comment