Saturday 23 January 2010

Bekerja Lebih Cepat Dengan Keyboard Shortcut Pada Ubuntu


Salah satu kenikmatan ketika beraktifitas dengan komputer adalah penggunaan shortcut untuk memberikan perintah pada komputer. Saya sendiri lebih sering menggunakan keyboard daripada menggunakan mouse, ketika membuka sebuah file atau aplikasi dan lainnya.
Kenapa? Karena Saya merasa lebih menghemat banyak waktu dan lebih fun :)
Saya banyak belajar dari Help and Support yang diberikan oleh Linux Ubuntu, hampir semua masalah, dapat Saya temukan solusinya di Help and Support, dan Saya sangat menyarankan bagi anda yang baru menggunakan Linux Ubuntu agar sering-sering membaca Help and Support, yang dapat anda akses di System > Help and Support.

Saya sendiri lebih sering memanfaatkan fasilitas search, untuk mencari informasi yang Saya butuhkan.
Demikian halnya pada tips hari ini, pada kolom search Saya mengetikkan kata ‘keyboard‘ sehingga akan muncul…



Kemudian  Pilih ‘Introductioan to the Desktop-Keyboard Skill

Kita lihat bersama, terdapat 4 sub topik pembahasan, yaitu :
  1. Global Shortcut Keys
  2. Window Shortcut Keys
  3. Application Keys
  4. Access Keys
1- Global Shortcut Keys
Pada bagian ini, terdapat shortcut yang dapat anda gunakan ketika anda berada di lingkungan desktop.

2- Window Shortcut Keys
Ini adalah shortcut yang bisa anda gunakan ketika berada di dalam jendela sebuah aplikasi.

3- Application Keys
Shortcut ini digunakan ketika anda sedang membuka sebuah aplikasi tertentu, misal, anda membuka OpenOffice Word.

4- Access Keys
Access keys adalah huruf yang digaris bawahi pada menu bar, misal ketika kita membuka sebuah aplikasi, di bagian sebelah atas terdapat menu, seperti File-Edit-View-dan lain-lain, dan setiap menu tersebut ada salah satu huruf yang digaris bawahi, inilah access keys.
Shortcut ini digunakan untuk memanfaatkan access keys tersebut.

Semoga Bermanfaat Fun with Ubuntu…
 








No comments:

Post a Comment